UNIK : PERESMIAN TANPA PROSESI

Home / Kegiatan / UNIK : PERESMIAN TANPA PROSESI

Ahad (1/4/2012), bertempat di gedung baru DPD PKS Kab. Malang, Puluhan kader dan masyarakat Saptorenggo tampak mengikuti acara peresmian sekaligus tasyakuran kantor DPD PKS Kabupaten Malang.

Acara yang digelar selama dua jam itu sebagai wujud kepatuhan PKS terhadap mekanisme dan adat istiadat ataupun tata krama yang berlaku dalam sebuah masyarakat, yakni oleh masyarakat jawa biasa dikenal dengan istilah “kulonuwon” (permisi) karena datang sebagai orang baru atau tamu dan bertempat tinggal di wilayah tersebut untuk jangka waktu yang lama.

Walaupun sempat terjadi beberapa kendala saat berlangsungnya acara, namun Alhamdulillah acara tetap berjalan dengan baik dan lancar meskipun tidak ada prosesi potong tumpeng, potong tali, pemasangan plang nama ataupun pembunyian terompet seperti pada umumnya saat acara-acara peresmian.

Kegiatan yang sangat sederhana itu hanya diisi dengan sambutan-sambutan dari struktur DPD PKS Kabupaten Malang sebagai tamu dan ketua RT sebagai tuan rumah. Lalu dilanjutkan dengan penyampaian ceramah agama yang singkat dengan tema tips bertetangga. Kemudian dilanjutkan lagi dengan pembacaan doa dan ramah-tamah. [Adm]

Leave a Reply