Soal Pilkada, DPP PKS Hanya Supervisi

VIVAnews – Ratusan daerah akan menggelar pemilihan kepala daerah pada tahun 2010 ini. Sejumlah partai sudah bersiap, termasuk Partai Keadilan Sejahtera.
Mengenai calon yang diusung, PKS menyatakan kewenangan itu berada pada daerah, disupervisi oleh pimpinan partai setingkat di atasnya. Jika pilkada kabupaten/ kota, maka supervisi dilakukan oleh pimpinan wilayah. DPP mensupervisi pilkada di tingkat provinsi. “Sesuai tingkatan,” kata Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq.
“Kalau targetnya, belum bisa menyebut angka,” kata Luthfi Hasan Ishaaq saat dihubungi VIVAnews, Kamis 18 Februari 2010. “Tapi yang pasti sebanyak-banyaknya.
Kemarin, Badan Pengawas Pemilu menyatakan 212 daerah telah memasuki tahapan pilkada Februari 2010 ini. Sampai awal Februari, 124 telah memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih. Ada 78 daerah terdiri atas 76 kabupaten/kota dan 2 provinsi telah memasuki tahapan pencalonan dan ada 10 kabupaten/kota yang telah memasuki tahapan kampanye.
Menurut Ketua Bawaslu, Nur Hidayat Sardini, sebagian besar Panwaslu sudah dilantik Bawaslu di daerah-daerah yang tahapan pilkadanya sudah berjalan. Maka itu, kata Hidayat, jika Panwaslu di daerah-daerah tersebut di persoalkan justru akan memicu ketidakpastian serta dapat mengganggu stabilitas dalam keberlangsungan pelaksanaan Pemilu Kada di daerah tersebut serta mengurangi kualitas.

Sumber: vivanews

Leave a Reply