SANTIKA bekali diri dengan SOS, siap amankan Musykerwil JATIM

Home / Kegiatan / SANTIKA bekali diri dengan SOS, siap amankan Musykerwil JATIM

Bertempat di markas besar PKS Kabupaten Malang, beberapa akhwat yang tergabung dalam Barisan Putri Keadilan (SANTIKA) mengadakan School of Santika (SOS), Ahad (27/03/2011). Acara tersebut berlangsung kurang lebih selama satu jam, dimulai pukul 14.00 WIB dan selesai tepat pukul 15.15 WIB. Agenda ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh SANTIKA dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kwalitas anggotanya. “SOS ini semacam sekolah bagi anggota SANTIKA”, kata Reni Wulandari, salah satu anggota SANTIKA, yang ditemui sesaat setelah penutupan acara.

Kegiatan pendidikan internal SANTIKA ini memiliki kurikulum tersendiri dan diselenggarakan sebulan sekali. Matrikulasi yang diberikan sebagian besar adalah berhubungan dengan keterampilan praktis dan lifeskills, seperti PPPK (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan), wawasan kepanduan, SOP Pengamanan acara, dan lain-lain. Materi-materi tersebut diberikan karena di lapangan, fungsi SANTIKA tidak jauh beda dengan pandu keadilan, yaitu melakukan pengawalan dan pengamanan setiap agenda dakwah dan kepartaian. “Materinya lebih mengarah kepada keterampilan hidup, seperti P3K, beladiri praktis, dan semacamnya”, jelas Reni.

Pertemuan yang dihadiri oleh tujuh orang ini merupakan pertemuan yang ketiga selama tim SANTIKA dibentuk. “Ini pertemuan yang ketiga”, imbuhnya.

Tampak Kepala Bidang Kepanduan dan Olahraga, Yohan Safrizal, S.Pt. hadir dalam acara itu. Beliau hadir untuk menyampaikan materi tentang SOP Pengamanan pada event-event akbar partai. Dalam kesempatan ini, Yohan mengajak seluruh peserta untuk mengawali materinya dengan pekikan takbir. “Baik, sebelum kita lanjut pada materi, mari kita teriakkan dulu takbir! Allahu Akbar..!! Allahu Akbar..!!  Allahu Akbarr..!!” teriaknya yang diikuti oleh seluruh peserta SOS.

Rencananya, SOS ini akan dilaksanakan sebanyak duabelas kali, mengingat banyaknya materi yang perlu disampaikan. Selain itu, ternyata SOS juga didesain untuk melakukan proses kaderisasi terhadap kader-kader akhwat yang tergabung di dalamnya. “Selain bertujuan untuk meningkatkan keterampilan individu, SOS juga sebagai sarana kaderisasi bagi akhwat” jelas Reni di akhir wawancara.

5 comments on “SANTIKA bekali diri dengan SOS, siap amankan Musykerwil JATIM

  1. Salut buat Santika. Tidak hanya political school saja, Santika juga punya sekolah.. tetap berkarya dan semoga selalu sukses…

    @admin: berita tentang DPD dan kab Malang diperbanyak dong.. 🙂

    Salam dari Lawang…
    http://www.pkslawang.wordpress.com

  2. @Sandhi; Terimakasih atas kunjungannya. Kami di Humas PKS Malang sedang berusaha untuk memperbanyakan konten lokalnya. Semoga konsepannya benjalan sesuai rencana. Berita-berita dari DPC Lawang juga selalu kami nanti

  3. masih tahap pembelajaran untuk santika kabupaten..
    ijin masukan link DPD dan PKS lawang di blognya santika
    syukron

  4. Semoga SANTIKA Kab Malang berjaya, terimakasih atas kesediaannya menambahkan link DPD dlm blognya. Kami tunggu liputan-liputan kegiatan santika lainnya.

    Liputan bisa dikirimkan ke humas_pksmalang@yahoo.com

  5. monggo…. jazakallah…

Leave a Reply