Menyambut Hari Keluarga Nasional PKS Launching Rumah Keluarga Indonesia

Home / Kegiatan / Menyambut Hari Keluarga Nasional PKS Launching Rumah Keluarga Indonesia

Perempuan Partai Keadilan Sejahtera berkomitmen mengokohkan keluarga Indonesia. Komitmen ini adalah salah satu perjuangan perempuan PKS untuk memajukan negeri. Perempuan PKS menyadari persoalan keluarga Indonesia saat ini tidak sedikit karena itu perlu upaya sungguh-sungguh untuk membantu keluarga Indonesia meminimalisir persoalannya.

Semangat itulah yang diusung Perempuan PKS dalam perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) pada 29 Juni 201, hari ini. Dalam perayaan Harganas PKS mengintruksikan kepada seluruh kader PKS untuk menjadikan Harganas sebagai Hari Keluarga Kader dengan memprioritaskan satu hari tersebut untuk melakukan kegiatan bersama keluarga.

Selain itu, dalam rangka mensukseskan program pemerintah tersebut, Perempuan PKS memanfaatkan  momentum Harganas untuk meluncurkan Rumah Keluarga Indonesia (RKI). Peluncuran RKI ini merupakan suatu bentuk tindaklanjut dari program nasional yang telah dicanangkan oleh Bidang Perempuan DPP PKS.

RKI sendiri merupakan pusat kegiatan pengokohan keluarga berbasis masyarakat yang bertujuan mendorong terbentuknya keluarga yang kokoh dan harmonis dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada keluarga Indonesia. Kegiatan RKI meliputi layanan konsultasi syariah, keluarga, kesehatan, hukum, seminar keluarga, outbond, family gathering dan pelatihan-pelatihan.

Dalam pelaksanaan program dan kegitan tersebut, RKI akan melibatkan seluruh elemen masyarakat Kabupaten malang. Karena pada dasarnya pendirian RKI tidak hanya ditujukan untuk keluarga kader PKS, akan tetapi juga kepada seluruh simpatisan PKS serta seluruh keluarga Indonesia.

Launching RKI ini dipusatkan di lokasi RKI Kabupaten Malang, Jl. Kebon Agung no 372 Taman Harjo Singosari, Malang. Hadir pada peresmian ini, ibu Hena Subhan yang merupakan istri dari Wakil Bupati Malang, didampingi oleh Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan PKS Kabupaten Malang Budi Harsih, Ketua PKS Kabupaten Malang Syaiful Rosyid beserta sejumlah anggota FPKS DPRD kabupaten Malang.

Dalam sambutannya Budi Harsih mengatakan keluarga PKS harus kuat agar bisa menularkan semangat keluarga yang kokoh dan harmonis kepada seluruh keluarga Indonesia. Ia menjelaskan bahwa peran besar keluarga dalam membangun Bangsa yang besar dan bermartabat sudah tidak bisa diragukan lagi.

“Bahwa kualitas keluarga akan berbanding lurus dengan kualitas bangsanya. Dan perempuan memiliki peran yang utama dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas itu! Permpuan PKS harus mampu tampil sebagai penjaga kekokohan keluarga Indonesia, sedangkan RKI harus mampu tampil menjadi sahabat bagi seluruh keluarga Indonesia,” tegas Budi Harsih.

Sedangkan Hena Subhan yang turut memberikan sambutan menyambut baik upaya yang telah dilakukan oleh Bidang Perempuan PKS Kabupaten Malang ini. Ia menjelaskan bahwa kondisi keluarga di Kabupaten Malang, lebih khusus lagi pada kulaitas perempuannya secara statistik masih di bawah daerah-daerah yang lain. Salah satu indikatornya adalah angka perceraian di Kabupaten Malang yang cukup tinggi.

Hena Subhan berharap, RKI yang didirikan oleh PKS ini dapat berperan aktif dalam upaya peningkatan kualitas perempuan Kabupaten Malang dengan melakukan edukasi secara kontinyu kepada mereka, serta mampu tampil sebagai salah satu fasilitas dalam pemecahan masalah keluarga yang ada di Kabupaten Malang.

Selain hadir untuk memberikan sambutan dan membuka acara, dalam kesempatan ini Hena Subhan juga didaulat untuk membacakan surat perserta yang berhasil menjadi pemenang dalam lomba menulis surat cinta untuk keluarga yang diadakan sebagai semarak launching RKI ini. Lomba yang megambil tema “Merwat Cinta Menuju Keluarga Bahagia” ini telah diadakan pada satu minggu menjelang Launching RKI ini.

Menurut panitia, Lomba menulis surat yang diikuti oleh seluruh keluarga kader PKS Kabupaten Malang ini berhasil mencuri perhatian. Hal itu terbukti hingga pada hari terakhir pengumpulan surat, panitia menerima kurang lebih 150 surat cinta untuk keluarga. Dari jumlah tersebut akan dipilih enam surat terbaik untuk diberikan hadiah, dengan total nilai mencapai lima juta rupiah.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Kabupaten Malang, Syaiful Rosyid di sela-sela acara menyampaikan bahwa selain di Kecamatan Singosari, dalam waktu dekat RKI juga akan dilaunching di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. Dengan keberadaan RKI di setiap Kecamatan PKS berharap bisa memberikan kontribusi yang lebih banyak lagi dalam membangun keluarga Kabupaten Malang yang harmonis dan sejahtera. [why]

Posted by: Humas PKS Kab. Malang

Leave a Reply