Jelang Pilkada, PKS Mulai Jajaki Kandidat

Seminggu setelah dibentuknya Tim Optimalisasi Musyarokah Daerah (Tomda) DPD PKS Kabupaten Malang langsung bekerja cepat. Tim ini dibentuk untuk membuat kajian, rumusan dan langkah-langkah pemenangan Pilkada, termasuk juga menetapkan calon mana yang akan diusung. Mengawali kerjanya Tim menyebarkan angket ke internal PKS Kabupaten Malang untuk mendengarkan aspirasi kader terkait kandidat mana yang akan diusung.

Berdasarkan hasil angket, dari beberapa nama calon yang ada, Rendra menjadi pilihan favorit para kader PKS Kabupaten Malang untuk diusung sebagai Calon Bupati pada Pilkada mendatang. Hal ini dikarenakan posisi  Rendra yang saat ini menjadi Wakil Bupati lebih dikenal dikalangan publik dan secara definitif sudah diusung oleh Partai Golkar. Untuk calon yang lain masih ada kemungkinan terpilih karena seiring berjalannya waktu perubahan-perubahan sangat mungkin terjadi.

Sedangkan calon dari internal PKS sendiri nama-nama seperti Ja’far Tri Kuswahyono (Ketua DPW PKS  Jawa Timur), Imam Syafi’I (Wakil Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Malang), dan Syaiful Rosyid (Ketua DPD PKS Kabupaten Malang) muncul sebagai kandidat yang difavoritkan. Ketiga calon ini dinilai kalangan internal PKS layak diusung, mengingat ketiga tokoh itu mempunyai kontribusi yang besar bagi perkembangan partai juga memiliki track record yang baik di masyarakat Kabupaten Malang.

Meski demikian, Syaiful Rosyid selaku Ketua DPD PKS kabupaten Malang yang juga Ketua Tomda menegaskan, hasil tersebut bukan hasil yang bersifat final. Tim ini akan terus bekerja dan melakukan evaluasi dua minggu sekali, hingga dalam perkembangannya tidak menutup kemungkinan jika nama-nama itu akan berubah. Ketika ditanya apakah PKS akan mengusung kader sendiri atau memilih untuk berkoalisi dengan partai lain?

Dia  menegaskan akan melihat perkembangan ke depan, yang jelas PKS akan mendukung kandidat yang secara personal bisa diterima masyarakat Kabupaten Malang dan peluang menangnya besar tandasnya.

Leave a Reply