Sowan ke Kiyai Masykur Ponpes Alitihad, Jajaran Pengurus DPD PKS Minta Doa Restu

Poncokusumo, Minggu (20/03 ’16), jajaran pengurus DPD beserta rombongan melakukan silaturahim ke kyai Masykur pimpinan ponpes alitihad poncokusumo, Rombongan silaturahim ini dipimpin ketua umum dpd pks kabupten malang Akhmad Yuszaeni S.T dan diikuti oleh jajaran pengurus struktural wilayah dakwah 3.

Silaturahim ini bertujuan untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah dan juga meminta nasehat dan do’a restu pada kiyai masykur yang telah lama mengenal medan dakwah diwilayah malang. Pertemuan yang berlangsung hampir satu jam ini diisi dengan saling bertukar pengalaman khususnya dalam berdakwah diwilayah malang, selain diisi dengan kisah suka duka dalam berdakwah pertemuan ini juga sesekali diselingi dengan canda tawa yang berlangsung dengan hangat dan kekeluargaan.

Kiyai masykur membuka dengan cerita yang dialami beliau dan para santrinya ketika mendirikan masjid pertama kali dipinggiran laut selatan malang, saat itu hampir semua penduduk disekitar beragama non muslim dan mengalami beberapa gesekan dengan penduduk sekitar. Berkat diplomasi yang dilakukan beliau pada pimpinan agama dan warga sekitar akhirnya beliau berhasil mendirikan masjid yang menjadi basis dakwah islam. Masalah tidak berhenti disitu, setelah masjid berdiri maka selanjutnya adalah menempatkan santri beliau untuk menetap dimasjid tersebut, tidak semua santri langsung sanggup untuk melaksanakan perintah kiyai masykur karena medan disana cukup sulit dan minimnya bantuan dana untuk kehidupan sehari-hari. Kemudian disitulah akhirnya beliau menjumpai santri yang taat pada kiyainya untuk berdakwah disana, dari santri itu akhirnya muncullah beberapa penduduk disana yang masuk islam hingga sekarang.

Setelah kiyai masykur selesai bercerita, selanjutnya Ustad Imam Syafi’i ketua dewan syariat pks kabupaten malang yang ikut beserta rombongan bercerita. Ustad imam menceritakan bagaimana upaya dari pks kabupaten malang untuk mengegolkan PERDA tentang miras, dan juga mendorong label halal yang tidak mudah, disana sini penuh tantangan yang tidak kalah beratnya dengan dakwah dimasyarakat secara langsung. “PKS telah memilih dua jalur, yaitu dakwah dimasyarakat dan juga dakwah dibirokrasi” kata ustad imam. Diakhir diskusi kiyai masykur mengatakan dakwah memang harus dilakukan juga di birokrasi karena dakwah dimasyarakat juga membutuhkan birokrasi untuk memayungi. Diakhir diskusi ketua dpd pks Akhmad Yus Zaeni meminta do’a restu pada kiyai masykur. Kemudaian silaturahim ditutup dengan doa bersama yang dipimpin kiyai masykur dan seluruh rombongan mengamini dengan kusyu’. Kiyai masykur menitip pesan kepada pengurus pks untuk terus bersilaturahmi kepada siapapun, karena dengan silaturahmi akan meningkatkan persaudaraan dan dukungan.