Nahkoda Baru Partai Dakwah

Malang-Humas PKS. Pada Ahad, tanggal 25 Oktober 2015, Dewan Pimpinan Tinggi Daerah (DPTD) PKS Kabupaten Malang menghelat kegiatan akbar 5 Tahunan yaitu Menyelenggarakan Musyarawarah Daerah (Musda) Ke-4. Pada Musda kali ini, sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pimpinan Pusat, PKS Kabupaten Malang mengusung tema ‘Berkhidmad Untuk Rakyat’ – yang merupakan bentuk pengejewantahan dari visi dan misi sebagai Partai Dakwah.
Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan secara nasional dan merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka suksesi kepemimpinan. Pergantian kepengurusan partai ini dimulai dari pergantian pengurus Pusat yang memilih Muhammad Sohobul Iman, PhD sebagai Presiden Partai untuk masa bakti 2015-2020. Selanjutnya pada tingkat Pimpiman Wilayah Jawa Timur, terpilihlah Arif Hari Setiawan, MT yang diberi amanat untuk memegang tampuk kepemimpinan untuk mengendalikan laju organisasi PKS di Jawa Timur.
Adapun untuk menentukan DPTD PKS Kabupaten Malang yang berjumlah 9 orang terdiri: Ketua dan sekretaris Majelis Pertimbangan Daerah (MPD); Ketua dan Sekretaris Dewan Syariah Daerah(DSD); serta Badan Pengurus Harian (BPH) yaitu; Ketua Umum, Wakil Ketua Umum,Sekretaris Umum, Bendahara Umum dan Ketua Bidang Kaderisasi.
Sebagaimana tradisi yang berlangsung sebelumnya Musda kali ini sudah didahului dengan PUI (Pemira Umum Internal) untuk pemilihan Daftar Calon Tetap (DCT) yang berjumlah 15 orang. Dalam pemilihan DCT melibatkan 250 orang kader dan struktur DPD serta DPC (Dewan Pimpinan Cabang) yang memiliki hak pilih. Hasil PUI ini adalah merupakan salah satu bentuk bottom up pemilihan DPTD, yang selanjutnya menjadi Bahan DPTW dan Wilayah Dakwah (Wilda) JatiJaya Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk memusyawarahkan hasil pemilihan tersebut sebagai bahan pertimbangan memutuskan siapa yang menduduki DPTD. Yang mungkin sedikit berbeda dengan organisasi lain adalah, bahwa perolehan suara terbanyak dalam PUI tersebut tidak semata-mata langsung ditunjuk memegang amanah sebagai pemimpin tertinggi, tetapi juga dipertimbangkan faktor-faktor lainnya seperti; Kapasitas manajerial, kepemimpinan dan beberapa kreteria lainnya.
Dengan mekanisme seperti itu belum ada “bocoran” siapa yang akan menduduki posisi pada lembaga-lembaga tinggi PKS di tingkat Kabupaten Malang, untuk itu hasil final dari pemilihan DPTD baru akan diumumkan dan sekaligus dilantik pada puncak penyelenggaraan Musda tanggal 25 Oktober 2015.
Sebelum pelantikan DPTD didahului dengan kegiatan sidang Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) pengurus DPTD periode 2009-2015 yang terdiri dari beberapa hal seperti; Pertumbuhan jumlah kader, perkembangan struktur di tingkat lebih rendah yaitu DPC sebagai wakil PKS di tingkat Kecamaran dan DPRa (Dewan Pimpinan Ranting) untuk tingkat Desa, laporan tentang keuangan, perolehan suara dan kursi pada pemilu 2014 serta, alasan dukungan kepada PKS Kabupaten Malang kepada pasangan H. Rendra Kresna dan H. Sanusi dalam Pilkada tahun 2015.
Dalam acara tersebut juga disampaikan sikap politik PKS Kabupaten Malang yang diantaranya berisi dukungan atas pencapaian prestasi dan penghargaan yang diraih oleh Pemkab Malang sebagai, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Award 2014 yang diselenggarakan oleh KPU Jatim, Penghargaan Kabupaten Malang Layak Anak (KLA) murupakan penghargaan yang kelima di terima oleh Kabupaten Malang dan penghargaan MURI atas pemanfaat gas metan di wilayah talang agung kepanjen. Selain apresiasi juga mendorong pemerintah untuk lebih serius lagi dalam membina generasi muda sebagai wujud pengejawantahan visi misi madep mantep, mempertahankan dan mendorong pertumbukan perekonomian daerah dengan membuat kebijakan yang lebih peduli atas pengembangan UMKM, dan meningkatkan pembangunan dibidang pendidikan dan infrastruktur termasuk diantaranya mempercepat pelaksanaan pembangunan jalan tol pandaan – kabupaten malang yang akan mendukung laju pertumbuhan perekonomian daerah melalui sektor wisata.