Anis: Soal Century, PKS Tak Goyah Dilobi

Jakarta – Jelang paripurna DPR yang membahas rekomendasi Pansus Angket Bank Century, lobi antar parpol koalisi kian intens dilakukan. Namun PKS mengaku tak goyah meski kian kuat dirinya dilobi.

Sekjen PKS Anis Matta menegaskan sikap PKS terkait kasus Bank Century pada sidang paripurna DPR, Selasa (2/3) dan Rabu (3/3) besok, tetap konsisten dan tidak berubah meskipun ada tekanan dan lobi.

“Saya tidak hadir pada pertemuan pimpinan partai-partai anggota koalisi tadi malam. Saya tidak diundang dan masih berada diluar kota, jadi saya tidak tahu apa agendanya,” ujar Anis di Gedung DPR, Jakarta, Senin (1/3).

Pers menanyakan ke Anis Matta, apakah dirinya hadir pada pertemuan pimpinan partai-partai anggota koalisi di kediaman Ketua Partai Demokrat Syarif Hasan, yang juga menteri Koperasi dan UKM, membahas sikap partai-paratai anggota koalisi terhadap kasus Bank Century.

Dikatakan Anis, dirinya juga tidak tahu siapa pimpinan PKS yang hadir pada pertemuan itu. Karena dirinya masih berada di luar kota dan belum mendapat informasi. Meskipun dirinya tidak menerima undangan, menurut dia, tapi PKS tidak diabaikan parpol anggota koalisi, karena PKS membuat kesepakatan koalisi dengan Presiden.

Ditegaskan dia, PKS menilai pertemuan koalisi yang official atau resmi jika undangannya dari Presiden, selain dari Presiden dianggap tidak resmi. “Pertemuan boleh dilakukan di mana saja tapi kami anggap tidak ‘official’, jika undangannya bukan dari Presiden,” tutur Anis.

Mengenai siapa pimpinan PKS yang resmi pada pertemuan koalisi, ia mengatakan, sikap dan keputusan resmi PKS soal koalisi dibicarakan antara Ketua Majelis Syuro PKS KH Hilmi Aminuddin dengan Presiden Yudhoyono. Pertimbangannya, lanjut dia, karena PKS membuat kesepakatan koalisi dengan Yudhoyono bukan dengan yang lain.

Anis juga membenarkan adanya lobi yang cukup gencar kepada pimpinan PKS serta adanya tekanan tertentu kepada kader PKS. Ia mencontohkan, tuduhan terhadap anggota DPR dari Fraksi PKS Mukhammad Misbakhun merupakan bagian dari tekanan tersebut. [*/jib]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.